Sabtu, 09 Mei 2009

TV Polytron

Mati total.Polytron

Langkah pertama cek dulu apakah skring putus lalu coba cek tegangan dulu.kalau masuk ke Regulator ada elco 100uf/400V.biasanya ada tegangan 300V , hati-hati ada kejutan listrik.cek smua bagian Regulator yang pertama TR apakah normal D 1884.jika ok tes R 220k biasanya ada 2 , lepaskan salah satu R itu lalu ukur teg apakah masuk. biasanya skitar 25 v.kalau on tegangan driven normal. cek bagian penyetel tegangan ada tr kecil.tipe PNP.A..., coba tes ukuran nya, kalau sdah ngak sama dengan kaki BC dan BE , ganti aja itu tr tersebut.

onkan lagi..cek tegangan Hor skitar 115.cara mengetes memakai lampu 50 watt, kalau nyala stabil berarti tegangan normal, coba curigai bagian tegangan yang ke IC hor itu 8V.kalau ada tegangan telusuri saja kaki tersebut apakah tegangan masuk ke IC itu, jika tidak cek bagian beban memakai R 2,2 ohm. jika masuk tapi IC panas berarti IC sdah kongslet.TDA 8361.

pemikiran utmanay itu kalau memperbaiki TV merk Polytron/Digitec, cenderung tegangan yang bikin rusak.jadi waktu memperbaiki cek smua tegangan dari Regulator itu.

1, bagian Horisontal...115V

2, bagian Audio....20V

3, bagian stb ...15V, disearahkan memakai DZ 5V untuk stb , dan 8V untuk pengerak IC hor TDA 8361. disini saling terhubung.stb buat pengerak tegangan 8V, dari progam yang men on kan lewat TR (mirip relay)

jika tegangan masuk ke IC Tda 8361 tetapi tetap ngak menyala, cek outputnya IC itu yang mendriven TR penguat Horisontal (dekat trafo kecil).ada tegangan masuk ke B skitar 2,1V, jika ada ..lepaskan dulu TR Horisontal itu..pasng bagian Basis memakai diode 1 amp, coba ukur ada tegangan 3v berarti IC TDA 8361 berfungsi .tetapi kalau tidak ada tegangan, trafo sdah putus (biasanya jarang).jika langkah smua telah dikerjakan. curigai bagian Fiblac.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar